DAFTAR ISI
Daftar Isi.............................................................................................................................. i
Ringkasan............................................................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ................................................................................................ 1
B.Visi Dan Misi.................................................................................................... 1
BAB II PEMASARAN
A.Gambaran Umum Pasar..................................................................................... 2
B.Penawaran Produk............................................................................................. 3
C.Rencana Penjualan............................................................................................ 3
D.Strategi Pemasaran............................................................................................ 3
BAB III ORGANISASI DAN MANAGEMEN
A. Data Perusahaan ............................................................................................. 5
B. Data Pengurus.................................................................................................. 5
C. Struktur Organisasi........................................................................................... 6
E. Rancangan Kegiatan......................................................................................... 6
BAB IV PRODUKSI /JASA /PENUALAN
A. Macam/Jenis Produk/Jasa/Penjualan.................................................................. 7
B. Proses Produksi................................................................................................ 7
C. Kapasistas Produksi.......................................................................................... `9
D. Aset Dan Investasi........................................................................................... 9
BAB V ANALISA KEUANGAN
A. Sumber Pendanaan Modal Investasi.................................................................. 10
B. Modal Kerja..................................................................................................... 11
C. Pembiayaan..................................................................................................... 11
D. Perhitungan Laba Rugi..................................................................................... 12
E.Perhitungan Kembali Modal (BEP)..................................................................... 13
F. Analisis Kondisi Keuangan 1 Tahun.................................................................. 13
Lampiran
A. Foto Perkiraan Lokasi Usaha
B. Foto Produk
RINGKASAN
Riad FMC ialah suatu perusahaan di Kota Tasikmalaya teptatnya di Daerah Jl Siwangn No 20 KotaTasimalaya Provins Jawa Barat.yang bergerak dan memliki tempat perjuangan di Bidang kuliner. Dari namanya sediri FMC merpakan suatu akronim produk yaitu Fruit Martabak Coel. Merupakan suatu penemuan martabak yang didalanya di tambahkan buah-bahan segar. Arti coel sendiri meruapakan suatu tujuan atau impian pemlik supaya sanggup diminati dan masuk ke masyarakat, baik pasar tradisional maupun modern.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Pemilihan Usaha
Makanan masakan khas tradisonal Indonesia ialah suatu hal harus kita jaga sebab mempunyai suatu cita rasa yang khas dan berbeda kuliner dari negara lainnya. Banyak sekali kuliner khas Indonesia yang mempunyai cita rasa yang sangat unik tentunya juga lezat untuk dinikmati.
Karakter orang Indonesia yang masyarakatnya sangat konsumtif menciptakan orang indonesia gampang sekali bosan pada suatu hal misalnya kuliner tradisonal. Dengan sifat tersebut dan kegiatan padatnya kegiatan orang indonesia menciptakan semua orang membutuhkan kuliner siap saji yang sehat dan inovatif. Sudah banyak beraneka ragam kuliner yang beredar di pasaran tetapi bukanlah makanah khas tradisional Indonesia.
Banyak sekali kuliner khas yang diminati khususnya oleh masyarakat indonesia, salah satunya yaitu Martabak Manis. Dan mempunyai potensi untuk berkembang sebab Makanan tersebut dibentuk dengan cara tradisional dan juga higenis. Serta harga yang teerjangkau untuk semua kalangan. Dan sanggup dinikmati secara gotong royong untuk berkumpul bersama sanak sodara ataupun teman.
Dengan melihat potensi tersebut, maka saya ingin menciptakan perjuangan kuliner tersebut dengan sedikit penemuan yaitu “Fruit Martabak coel”, untuk sikembangkan dan bisa bersaing dengan kompetitor lain dan juga untuk menjaga kuliner tradisonal Indosia tetap diminati.
B. Visi dan Misi
Menjadikan Fruit Martbak Coel sebagai kuliner khas yang bisa bersaing dengan produk lain.
Misi
1. Mebuat Fruit Martabak coel sebagi terobosan terbaru
2. Memasarkan martabak bagus di pasar tradisonal maupun modern
3. Mendirikan perjuangan masakan dengan tema kuliner khas Indonesia
BAB II
PEMASARAN
A. Gambaran Umum Pasar
1. Gambaran Pasar (Analisi SWOT)
a) Strenght (Kekuatan)
v Dapat Dinikmati oleh semua kalangan
v Merupakan penemuan yag baru
v Rasa product beraneka ragam
v Bahan higienis dan higenis jug gampang didapat
b) Weaknes (Kelemahan)
v Product sanggup dengan gampang ditiru
v Tidak tahan lama
c) Oppertunity(Kesempatan)
v Inovasi dengan ras yang baru
v Fasilitas dan juga tempat setrategis
v Produk sudah dikenal kalangan masyarat
d) Threat (Ancaman)
v Adanya kmpetitor menjulal harga degan lebih murah
2. Segmen Pasar
Dari segi geografis Fruit Martabak coel akan membuka perjuangan didaerah uversitas siliwangi.
Dari segi Demografi Fruit Martbak coel disukai dari mulai usia 10-55 tahun, dari pelajar sampa dengan orangtua.
Dari Segi Psikologis, Fruit Martbak coel diperuntkan untuk kalangan menegah ke atas.
3. Target Pasar
Masyarakat khusunya pelajar dan mahasiswa, targeting Fruit Martbak coel ialah memperlihatkan cita rasa dan fasiitas yang sesuai untuk konsumen.
4. Posisioning
Tempat yang dipilih di Daerah unsil Taskimlaya, sebab daerah tersebut sangatlah strategis dilihat dari terget utama pemasaran.
5. Perkiraan Permintaan Pasar
Adanya penemuan pada produk sangatlah penting mengingat masyarkat kota tasikmalaya yang konsutif pada kuliner dan juga untuk menyaingi kompetitor.
B. Penawaran Produk
Penawaran produk dengan cara mulut-ke verbal den membuka tempat perjuangan ditempat yang strategis, mengunakan sosial media berupa facebok,twiter, instagram.
C. Rencana Penjualan
Untuk pertama kai produk ini akan di perkenalan di Car Free Day yang dilakukan pada hari minggu.
Penjualan akan dilakasaakan setiap hari dari jam 16.00 hingga degan am 23.00 WIB
D. Strategi Pemasaran
1. Produk /Service
Produk yang dijual ialah “Fruit Martabak coel” suatu produk inoavasi gres dengan ada buah di dalamnya juga adanya saus beraneka rasa.
2. Prince/ Harga
Harga ukuran biasa Rp. 25.000/unit
Harga terjangkau dan juga relatif murah
3. People/Pemakaian Produk
Semua kalangan masayarakat tetapi dkhususkan untuk mahasiswa dan anak sekolah.
4. Promotion / Promosi
Degan cara open table yang akan dilakukan pada dikala car free day , menyebar luasakan informasi di soial media da blog-blog kuliner. (Fb : Riad FMC, Twiter : @RiadFMC, ig:RiadFMC)
5. Place /Lokasi Usaha
Lokasi perjuangan yang strategis yang ditenttkan untuk bisnis yaitu daerah mahasiswa UNSIL Tasikmalaya.( Jalan Siliwangi No 20, Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat)
6. Desain Kemasan
Desain kemaasan akan dibentuk seunik mungkin sesuai dengan nama produk tersebut.
BAB III
ORGANISASI DAN MANAGEMEN
A. Data Perusahaan
Nama : Riad FMC
Bentuk Usaha : Kuliner
Jenis produk : Cemilan
Alamat : Jalan Siliwangi No 20, Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat
Jenis perusahaan : Cafe FMC
No tlp : 081231363173
Sosial media : Fb : Riad FMC, Twiter : @RiadFMC, ig :RiadFMC
B. Data Pengurusan
Nama : Ade Riadi
Jabatan : Pemimpin
Tempat, tangal lahir : Ciamis, 20 Juli 1996
Alamt : jl. Nagrapageuh no 25 desa Sagalaherang Kecamataman Panawangan
Kabupaten Ciamis
No hp : 081321363173
Jenis kelamin : laki-laki
Agama : Islam
Pendidkan terkahir : D3
Email. : aderiadi044@gmail.com
C. Struktur Organisasi
D. Rancangan Kegiatan
Pertama yang dilakukan observasi pasar dan juga mencari suatu hal yang bereda. Setelah mendapat ide,mencari tempat yng strategis untuk meulai perjuangan denga konsep agkringan sehabis itu, akan melakukan prmosi ke daerah CFD setiap ahad di Tasikmalaya, mengikuti ajng-ajang masakan Tasimalaya.Setelah beerapa bulan ke depan akan menanbahkan sebuah penemuan gres pada produk ketika pelangaan sudah mulai bosan.
BAB IV
PRODUKSI/JASA.PENJUALAN
A. Macam/Jenis/penjualan
Frut Martabak Coel meruopakan jenis cemilan gres yang sanggup dihidangkan untuk dimakan gotong royong atupun sendiri, dan mempunyaui berbaai macam jens dantaranya :
MFC Mangga, MFC Pisang dan MFC strawbery.Dengan saus bagus susu dan coklat.
B. Proses Produksi
Penjelasan :
1. Bahan 1 produk
v 250 gr tepung terigu
v 100 gr gula pasir
v 1/2 sendok teh baking powder (vanili)
v sendok teh ragi instant1/2 sendok teh garam
v air matang secukupnya atau kira-kira sebanyak 350 ml
v 2 butir telur ayam
2. Proses Produksi
v Pertama-tama campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instant, garam, telur, margarin cair dan pasata vanili. Kemudian tuangkan air bertahap sambil diaduk-aduk hingga materi tercampur dengan rata.
v Kocok gabungan tersebut memakai mixer dengan kecepatan sedang selama 5 menit, kemudian masukkan baking powder dan aduk-aduk lagi hingga rata.
v Setelah itu diamkan gabungan selama 40-1 jam menit dalam wadah tertutup.
v Sembari menunggu siapkan saus bagus coel, sesuai dengan impian (coklat,selai strawbery,)
v Dan potog atau iris-iris buah-buahan sesuai dengan pesanan.
v Panaskan wajan anti lengket dan oleskan dengan sedikit margarin, kemudian tuangkan adonan, ratakan di atas permukaan wajan. Tunggu hingga keluar gelembung-gelembung pada pemukaan adonan, kemudian tutup gabungan tersebut.
v Tunggu beberapa menit hingga gabungan matang, angkat.
v Setelah masak, oleskan permukaan martabak bagus dengan memakai margarin, kemudian taruh dan tuangkan susu kental bagus putih pada permukaan martabak bagus tersebut.
v Selanjutmya lipat martabak bagus menjadi setengah lingkaran, sehabis itu potong-potong sesuai sesuai selera.(untuk sdbawa),untu dimakan d tempat ankat tanpa dilipat kemudian di poton-potong menyerupai pizza.
v Martabak bagus siap untuk dihidangkan.
3. Pengemasan atau penyajian
Masukan FMC ke kemasn yg sudah disediakan apabila ingin dikeamas , tetapi apabila ntuk di sajikan martabak d biarkan bundar tanpa di lipat dan hanya di bagi atau dipotong menyerupai pizza simpan dipiring yang sudah sediakan da sajika bersama sau coel bagus Sesuai pilihan.
4. Penjualan
Penjualan dilakukan di tempat FMC, sanggup pribadi di Kosumsi ditempat ataupu dibawa.
C. Kapasitas Produksi
Diperkirakan 20 produk (FMC big) ukuran besar/ hari, 600 buah /bulan atau 3600/ Tahun.
D. Aset dan Investasi
1. Alat Produksi :
a. Kompor Khusus( 4 mata)
b. Loyang besar dan kecil
c. Papa Kayu
d. Pengaduk Adonan
e. Ember Plastik Bertutup
f. Pisau
g. Tutup loyang
h. Kape
i. Suntil
j. Garpu
k. Kemasan
l. Plastik
m. Kresek
n. LPG
o. Sendok Melamin
p. Piring buat
q. Piring kecil Saus
2. Grobak
3. Lampu neon
4. Meja dan kursi
5. Label Produksi
BAB V
ANALISA KEUANGAN
A. Sumber Pendanaan Modal Investasi (Barang)
1. Modal Investasi
Tabel Peralatan Alat Produksi | ||||
No | Nama | Qty | Harga/unit | Harga |
1 | Grobak | 1 | Rp 3.500.000 | Rp 3.500.000 |
2 | LPG 3 kg | 2 | Rp 100.000 | Rp 200.000 |
3 | Kompor Khusus | 4 | Rp 500.000 | Rp 2.000.000 |
4 | Loyang | Rp - | ||
Kecil | 2 | Rp 200.000 | Rp 400.000 | |
Besar | 2 | Rp 300.000 | Rp 600.000 | |
5 | Papan Kayu | 2 | Rp 50.000 | Rp 100.000 |
6 | Pengaduk Adonan | 2 | Rp 25.000 | Rp 50.000 |
7 | Tempat Adonan (ember Plastik Bertutup) | 1 | Rp 50.000 | Rp 50.000 |
8 | Lampu Neon | 5 | Rp 50.000 | Rp 250.000 |
9 | Sendok Melamin | 2 | Rp 20.000 | Rp 40.000 |
10 | Pisau | 2 | Rp 25.000 | Rp 50.000 |
11 | Tutup Loyang | 4 | Rp 25.000 | Rp 100.000 |
12 | Kape | 2 | Rp 20.000 | Rp 40.000 |
13 | Sutil | 2 | Rp 25.000 | Rp 50.000 |
14 | Garpu | 2 | Rp 15.000 | Rp 30.000 |
15 | Kemasan | 600 | Rp 500 | Rp 300.000 |
16 | Plastik | 2 | Rp 10.000 | Rp 20.000 |
17 | Keresek | 2 | Rp 20.000 | Rp 40.000 |
18 | meja | 4 | Rp 100.000 | Rp 400.000 |
19 | kursi | 3 | Rp 100.000 | Rp 300.000 |
20 | hiasan | 1 | Rp 1.000.000 | Rp 1.000.000 |
Jumlah | Rp 9.520.000 |
2. Moodal kerja
No | Modal Kerja/Bulan | Nominal |
1 | Biaya Produksi | Rp 5.610.000 |
2 | Sewa Tempat | Rp 500.000 |
3 | Listrik dan Air | Rp 100.000 |
4 | Gaji Karyawan | Rp 1.200.000 |
5 | Transfortasi | Rp 50.000 |
6 | Kemasan | Rp 300.000 |
8 | Kresek | Rp 20.000 |
9 | Plastik | Rp 20.000 |
Jumlah | Rp 7.800.000 |
Ø Total Modal
Modal Investasi + Modal Kerja
9.520.000 + 7.800.00 = 17.320.000
B. Pembiayaan
1. Biaya Poduksi dan Harga jual
a) Bahan Baku Matabak 20 buah (1 hari)
1) Tepug 3 kg = 30.000
2) Gula pasir 1 kg = 12.000
3) Vanili 10.000 = 10.000
4) Telur 40 butir (2,5 kg) = 50.000
5) Air 7000 ml = -
b) Bahan tambahan
1) Keju 1 batang = 20.000
2) Cokla 1 batang = 20.000
3) Buah (mangga,strawbery,pisang) 2kg = 20.000
4) Susu putih 2 kaleng = 15.000
c) Bahan Baku Tamban
Pengisan gas 2 hari 1 kali = 10.000 +
Total Biaya Produksi = 187.000/hari
Biaya produks produksi perbulan 187.000 x 30 = 5.610.000/ bulan
Harga Pokok Produksi
5.610.000 : 600 buah = 9 .350/ buah
Harga Jual
25.000 X 600 buah = 15.000.000
Proyeksi Penjualan 1 Tahun
25.0000 – 9.350 = 15.650 X 600 = 9.390.000
Keuntungan kotor 9.390.000/Bulan
Diperoyeksikandapat menjual martabak 20 buah/bulan. Dalam 1 tahun di hitung 12 bulan
Jadi 600 X 12 = 3600 martabk/ Tahun.
C. Perhitungan Laba Rugi
Keuntungan Kotor/Bulan 9.390.000
Proyeksi 1 Tauhun 12 x
Laba Kotor/ Tahun 112.680.000
Biaya Penjualan
Sewa Tempat 500.000
Listrik dan Air 100.000
Gaji Karyawan 1.200.000
Trasfortasi 50.000
Kemasan 300.000
Kresek 20.000
Plastik 20.000 +
Total Biaya Penjualan 2.190.000/Bulan
Untuk 1 Tahun 2.190.000 X 12 bulan = 26.280.000 -
Laba Bersih/Tahun 86.400.000
D. Perhitungan Kembali Modal (BEP/Break Event Point)
BEP Unit
Total Biaya Tetap (gaji+produksi+sewa) 7.310.0000
Harga jual/unit 25.000
Biaya Berubah/Unit (listrk air,kresek,plastik,kemasan,trasfort) 490.000/600= 816.7
(Total Biaya Tetap)
(Harga Jual/Unit – Biaya Berubah/Unit)
E. Analisis / Prediksi Keuangan 1 tahun kedepan
Omzet = 199.080.000
Laba Kotor = 112.680.000
Laba Bersih = 86.400.000
Lampiran
A. Foto Perkiraan Lokasi Usaha
B. Foto Produk
FMC strawberyy FMC strawberyy
FMC Pisang FMC Mangga
Advertisement